BAB II
PEMBAHASAN
A. Karakteristik
Ipa Di Sd
Pendidikan IPA mulai
diajarkan pada tingkat sekolah dasar dan berperan penting dalam keseluruhan
proses pendidikan. Sebagaimana tercantum dalam UU No.2 tahun 1989 Pasal 37 ayat
3 menyatakan bahwa "pengantar IPA (sains) dan teknologi merupakan bahan
yang harus dikaji sejak siswa belajar pada tingkat pendidikan dasar".
Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa IPA merupakan mata
pelajaran yang harus diajarkan pada tingkat pendidikan dasar serta harus
ditekuni dan dikuasai oleh siswa, karena sains (IPA) merupakan fondasi
teknologi.
IPA dapat diartikan secara berbeda menurut
sudut pandang yang dipergunakan. IPA sering didefinisikan sebagai kumpulan
informasi ilmiah. Ada ilmuwan yang memandang IPA sebagai suatu metode untuk
menguji hipotesis. Sedangkan seorang filsuf memandangnya sebagai cara bertanya
tentang kebenaran dari apa yang kita ketahui. Para ilmuwan IPA dalam
mempelajari gejala alam, menggunakan proses dan sikap ilmiah. Proses ilmiah
yang dimaksud misalnya melalui pengamatan, eksperimen, dan analisis yang
bersifat rasional. Sikap ilmiah contohnya adalah objektif dan jujur dalam
mengumpulkan data yang diperoleh. Dengan menggunakan proses dan sikap ilmiah
itu scientist memperoleh penemuan-penemuan atau produk
yang berupa fakta, konsep, prinsip, dan teori.
Carin (1993) menyatakan bahwa IPA sebagai
produk atau isi mencakup fakta, konsep, prinsip, hukum-hukum, dan teori IPA.
Jadi pada hakikatnya IPA terdiri dari tiga komponen, yaitu sikap ilmiah, proses
ilmiah, dan produk ilmiah. Hal ini berarti bahwa IPA tidak hanya terdiri atas
kumpulan pengetahuan atau berbagai macam fakta yang dihapal, IPA juga merupakan
kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari gejala-gejala
alam yang belum dapat direnungkan.
IPA di SD hendaknya membuka
kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu siswa secara alamiah. Ini akan
membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir dan mencari jawaban melalui
pengamatan dan pengalaman langsung berdasarkan bukti.pembelajaran IPA di SD
bukan sekedar penguasaan konsep, prinsip, hukum atau teori semata melainkan
suatu proses dengan cara mengembangkan keterampilan proses dan sikap ilmiah
untuk mendapatkan konsep-konsep ilmiah tentang alam semesta.
B. Alasan
Pelajaran
Ipa Dimasukkan Ke Dalam Kurikulum
Sainsadalahilmupengetahuanyang
mempunyaiObyek, menggunakanmetodeIlmiahsehinggaperludiajarkan di
SekolahDasar.Setiap guru haruspahamakanalasanmengapasainsperludiajarkan di
sekolahdasar. Ada berbagaialasan yang
menyebabkansatumatapelajaranitudimasukkedalamkurikulumsuatusekolah.UsmanSamatowamengemukakanempatAlasansainsdimasukandikurikulumSekolahDasaryaitu:
1.
BahwasainsberfaedahBagisuatubangsa, kiranyatidakperludipersoalkanpanjanglebar.
Kesejahteraanmateriilsuatubangsabanyaksekalitergantungpadakemampuanbangsaitudalambidangsains,
sebabsainsmerupakandasarteknologi, seringdisebut-sebutsebagaitulangpunggungpembangunan.Pengetahuandasaruntukteknologiialahsains.Orang
tidakmenjadiInsinyurelektronika yang baik, ataudokter yang baik, tanpadasar
yang cukupluasmengenaiberbagaigejalaalam.
2.
Biladiajarkansainsmenurutcara yang tepat, makasainsmerupakansuatumatapelajaran
yang memberikankesempatanberpikirkritis;
misalnyasainsdiajarkandenganmengikutimetode "menemukansendiri".
Denganinianakdihadapkanpadasuatumasalah;
umpamanyadapatdikemukakansuatumasalahdemikian".Dapatkahtumbuhanhiduptanpadaun?"Anakdimintauntukmencaridanmenyelidikihalini.
3.
Bilasainsdiajarkanmelaluipercobaan -percobaan yang dilakukansendiriolehanak.
makasainstidaklahmerupakanmatapelajaran yang bersifathafalanbelaka.
4.
Mata pelajaraninimempunyai: nilai – nilaipendidikanyaitumempunyaipotensi yang
dapatmembentukkepribadiananaksecarakeseluruhan.
C. Tujuan Pembelajaran
IPA Di SD
AdapuntujuanpembelajaranSains
di sekolahdasarberdasarkankurikulum 2004 yaitu:
1. menanamkanpengetahuandankonsep-konsepSains yang
bermanfaatdalamkehidupansehari-hari,
2. menanamkan rasa
ingintahudansikappositifterhadapsainsdanteknologi,
3. mengembangkanketerampilan proses
untukmenyelidikialamsekitar, memecahkanmasalah, danmembuatkeputusan,
4. ikutsertadalammemelihara, manjaga,
danmelestarikanlingkunganalam,
5. mengembangkankesadarantentangadanyahubungan yang
salingmempengaruhiantaraSains, lingkungan, teknologi, danmasyarakat, dan
6. menghargaialamdansegalaketeraturannyasebagaisalahsatuciptaanTuhan
7. memperolehbekalpengetahuan, konsepdanketerampilan IPA
sebagaidasaruntukmelanjutkanpendidikanke SMP atau MTS.
SedangkanmenurutTriantomemaparkanbeberapatujuanpembelajaran
IPA antara lain yaitu :
1.
kesadaranakankeindahandanketeraturanalamuntukmeningkatkankeyakinanterhadapTuhan
Yang MahaEsa.
2.
Pengetahuan,
yaitupengetahuantentangdasardariprinsipdankonsep, fakta yang ada di alam,
hubungansalingketergantungandanhubunganantarasainsdanteknoliogi.
3.
Keterampilandankemampuanuntukmenanganiperalatan,
memecahkanmasalahdanmelakukanobservasi.
4.
Sikapilmiahantara
lain sensitif, objektif, jujurterbuka, benar, dandapatbekerjasama.
Kebiasaanmengembangkankemampuanberfikirdenganmenggunakankonsepdanprinsipsainsuntukmenjelaskanberbagaiperistiwaalam
0 comments:
Post a Comment