Thursday, October 25, 2018

makalah ipa SD


Hasil gambar untuk gambar ipa sd







BAB II
PEMBAHASAN
A.  Karakteristik Ipa Di Sd
Pendidikan IPA mulai diajarkan pada tingkat sekolah dasar dan berperan penting dalam keseluruhan proses pendidikan. Sebagaimana tercantum dalam UU No.2 tahun 1989 Pasal 37 ayat 3 menyatakan bahwa "pengantar IPA (sains) dan teknologi merupakan bahan yang harus dikaji sejak siswa belajar pada tingkat pendidikan dasar". Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa IPA merupakan mata pelajaran yang harus diajarkan pada tingkat pendidikan dasar serta harus ditekuni dan dikuasai oleh siswa, karena sains (IPA) merupakan fondasi teknologi. 
IPA dapat diartikan secara berbeda menurut sudut pandang yang dipergunakan. IPA sering didefinisikan sebagai kumpulan informasi ilmiah. Ada ilmuwan yang memandang IPA sebagai suatu metode untuk menguji hipotesis. Sedangkan seorang filsuf memandangnya sebagai cara bertanya tentang kebenaran dari apa yang kita ketahui. Para ilmuwan IPA dalam mempelajari gejala alam, menggunakan proses dan sikap ilmiah. Proses ilmiah yang dimaksud misalnya melalui pengamatan, eksperimen, dan analisis yang bersifat rasional. Sikap ilmiah contohnya adalah objektif dan jujur dalam mengumpulkan data yang diperoleh. Dengan menggunakan proses dan sikap ilmiah itu scientist memperoleh penemuan-penemuan atau produk yang berupa fakta, konsep, prinsip, dan teori.
Carin (1993) menyatakan bahwa IPA sebagai produk atau isi mencakup fakta, konsep, prinsip, hukum-hukum, dan teori IPA. Jadi pada hakikatnya IPA terdiri dari tiga komponen, yaitu sikap ilmiah, proses ilmiah, dan produk ilmiah. Hal ini berarti bahwa IPA tidak hanya terdiri atas kumpulan pengetahuan atau berbagai macam fakta yang dihapal, IPA juga merupakan kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari gejala-gejala alam yang belum dapat direnungkan.

IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu siswa secara alamiah. Ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir dan mencari jawaban melalui pengamatan dan pengalaman langsung berdasarkan bukti.pembelajaran IPA di SD bukan sekedar penguasaan konsep, prinsip, hukum atau teori semata melainkan suatu proses dengan cara mengembangkan keterampilan proses dan sikap ilmiah untuk mendapatkan konsep-konsep ilmiah tentang alam semesta.

B.  Alasan Pelajaran Ipa Dimasukkan Ke Dalam  Kurikulum
Sainsadalahilmupengetahuanyang mempunyaiObyek, menggunakanmetodeIlmiahsehinggaperludiajarkan di SekolahDasar.Setiap guru haruspahamakanalasanmengapasainsperludiajarkan di sekolahdasar. Ada berbagaialasan yang menyebabkansatumatapelajaranitudimasukkedalamkurikulumsuatusekolah.UsmanSamatowamengemukakanempatAlasansainsdimasukandikurikulumSekolahDasaryaitu:
1. BahwasainsberfaedahBagisuatubangsa, kiranyatidakperludipersoalkanpanjanglebar. Kesejahteraanmateriilsuatubangsabanyaksekalitergantungpadakemampuanbangsaitudalambidangsains, sebabsainsmerupakandasarteknologi, seringdisebut-sebutsebagaitulangpunggungpembangunan.Pengetahuandasaruntukteknologiialahsains.Orang tidakmenjadiInsinyurelektronika yang baik, ataudokter yang baik, tanpadasar yang cukupluasmengenaiberbagaigejalaalam.
2. Biladiajarkansainsmenurutcara yang tepat, makasainsmerupakansuatumatapelajaran yang memberikankesempatanberpikirkritis; misalnyasainsdiajarkandenganmengikutimetode "menemukansendiri". Denganinianakdihadapkanpadasuatumasalah; umpamanyadapatdikemukakansuatumasalahdemikian".Dapatkahtumbuhanhiduptanpadaun?"Anakdimintauntukmencaridanmenyelidikihalini.
3. Bilasainsdiajarkanmelaluipercobaan -percobaan yang dilakukansendiriolehanak. makasainstidaklahmerupakanmatapelajaran yang bersifathafalanbelaka.
4. Mata pelajaraninimempunyai: nilai – nilaipendidikanyaitumempunyaipotensi yang dapatmembentukkepribadiananaksecarakeseluruhan.

C.  Tujuan Pembelajaran IPA Di SD
AdapuntujuanpembelajaranSains di sekolahdasarberdasarkankurikulum 2004 yaitu:
1.    menanamkanpengetahuandankonsep-konsepSains yang bermanfaatdalamkehidupansehari-hari, 
2.    menanamkan rasa ingintahudansikappositifterhadapsainsdanteknologi, 
3.    mengembangkanketerampilan proses untukmenyelidikialamsekitar, memecahkanmasalah, danmembuatkeputusan, 
4.    ikutsertadalammemelihara, manjaga, danmelestarikanlingkunganalam, 
5.    mengembangkankesadarantentangadanyahubungan yang salingmempengaruhiantaraSains, lingkungan, teknologi, danmasyarakat, dan 
6.    menghargaialamdansegalaketeraturannyasebagaisalahsatuciptaanTuhan 
7.    memperolehbekalpengetahuan, konsepdanketerampilan IPA sebagaidasaruntukmelanjutkanpendidikanke SMP atau MTS.
SedangkanmenurutTriantomemaparkanbeberapatujuanpembelajaran IPA antara lain yaitu :
1.      kesadaranakankeindahandanketeraturanalamuntukmeningkatkankeyakinanterhadapTuhan Yang MahaEsa.
2.      Pengetahuan, yaitupengetahuantentangdasardariprinsipdankonsep, fakta yang ada di alam, hubungansalingketergantungandanhubunganantarasainsdanteknoliogi.
3.      Keterampilandankemampuanuntukmenanganiperalatan, memecahkanmasalahdanmelakukanobservasi.
4.      Sikapilmiahantara lain sensitif, objektif, jujurterbuka, benar, dandapatbekerjasama.
Kebiasaanmengembangkankemampuanberfikirdenganmenggunakankonsepdanprinsipsainsuntukmenjelaskanberbagaiperistiwaalam
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Blogger templates