Friday, November 16, 2018

Rangkuman Materi IPS Kelas 4 SD/MI Semester 1/2 Lengkap



Rangkuman Materi IPS Kelas 4 SD/MI Semester 1/2 Lengkap




BAB 1 Peta Lingkungan Setempat



Peta merupakan gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan skala tertentu. Kumpulan peta yang dibukukan disebut Atlas. Peta yang dibuat pada bidang bola disebut globe.

Ada dua jenis peta yaitu peta umum (Peta Topograf) dan peta khusus (Peta Tematik).

Peta yang baik disertai dengan komponen-komponen peta. Komponen peta terdiri dari judul peta, skala peta, legenda, simbol, arah mata angin, garis astronomis, garis tepi, tahun pembuatan, indeks dan inset peta.

Cara sederhana menggambar peta adalah dengan menjiplak dan teknik kotak. dalam menggambar peta harus dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Ialah satu komponen peta yang penting adalah skala. skala merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. skala ada dua jenis, skala angka dan skala garis. Kita dapat menghitung jarak suatu tempat dengan menggunakan skala.

Cara memperbesar dan memperkecil peta dapat dilakukan dengan teknik kotak. jika peta diperbesar atau diperkecil maka skalanya juga berubah.




BAB 2 Kenampakan Alam di Lingkungan Setempat



Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. Kenampakan alam disebut juga bentang alam.

Kenampakan alam terdiri dari kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan.

Kenampakan alam wilayah daratan antara lain dataran rendah, dataran tinggi, gunung,pegunungan, tanjung, dan delta. !edangkan kenampakan alam wilayah perairan antara lain laut, selat, teluk, sungai, danau dan rawa. semua kenampakan alam tersebut memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Kenampakan alam berpengaruh pada kehidupan sosial budaya manusia. Antara lain dalam hal pekerjaan, adat-istiadat, peralatan hidup, makanan, pengetahuan, kesenian, bahasa dan sistem kemasyarakatan.

Peristiwa alam yang terjadi dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian. Peristiwa alam yang merugikan sering disebut dengan bencana alam. Peristiwa alam yang terjadi dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Peristiwa alam yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat antara lain gempa bumi, gunung meletus, banjir dan angin topan.




BAB 3 Sumber Daya Alam dan Kegiatan Setempat


Sumber daya alam merupakan kekayaan alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali (dilestarikan) setelah kita menggunakannya. Contohnya adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan. sumber daya alam yang selalu tersedia setiap saat di alam juga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya adalah air, tanah dan udara.
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruiyaitu sumber daya alam yang tidak bisakita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya. sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat dibedakan menjadi tiga, yakni sumber daya alam mineral logam, sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan), dan sumber daya energi.

Peta persebaran sumber daya alam di suatu tempat berguna untuk mengetahui dengan tepat daerah mana yang menghasilkan suatu sumber daya alam. sehingga kita dapat memamfaatkannya dengan lebih optimal.

Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dalam memanmfaatkan sumber daya alam antara lain pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kerajinan, perdagangan, perindustrian, jasa, dan pertambangan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Blogger templates