Friday, December 7, 2018

Pengelompokan Berdasarkan Habitatnya


pengelompokkan berdasarkan habitatnya



Hasil gambar untuk pengelompokkan hewan



pengelompokkan berdasarkan habitatnya





1. Hewan Darat


Hewan yang hidup di lingkungan kita adalah hewan hewan yang bisa kita lihat di sekitar rumah atau tempat yang terbuka. Seperti tikus, kucing, anjing, kecoa dan lain-lain. Mereka hidup dan mencari makan di darat, kebanyakan hewan darat adalah hewan yang bisa dipelihara karena tempat habitatnya yang sama dengan kita.

Hewan yang hidup di hutan adalah hewan yang tinggal dan menetap di daerah hutan. Mereka hidup disana karena disanalah mereka mencari makan dan merasa hidup nyaman. Banyak hewan di hutan yang meninggal akibat pembakaran hutan dikarenakan tidak mempunyai mereka beradaptasi hidup di luar daerah hutan.

Berbeda dengan pengelompokan hewan yang hidup di lingkungan kita, hewan yang hidup di tanah adalah hewan yang habitatnya berada di dalam tanah. Mereka tinggal dan mencari makan dari hewan hewan atau tumbuhan yang ada didalam tanah. Biasanya, mereka hidup dengan memakan hewan kecil seperti semut, cacing, ulat dan lain-lain.

2. Hewan Air

Hewan air tawar adalah hewan yang hanya bisa hidup di air yang rasanya tawar. Yang termasuk air tawar adalah seperti danau, kolam, sungai dan lain-lain. Kebanyakan hewan air tawar dijadikan hewan hiasan dan makanan bagi sebagian orang. Beberapa contoh hewan air tawar adalah ikan mas, ikan mujair, ikan gabus dan lain-lain.

Semua makhluk hidup yang berada di laut adalah kelompok hewan air laut. Mereka hanya bisa hidup jika kondisi air sama dengan air laut. Hanya segelintir orang yang menjadikannya hewan hias dikarenakan kesulitannya untuk membuat habitat air laut di dalam akuarium.

Hewan air payau adalah hewan yang tinggal di tempat bersatunya air laut dan air tawar. Lokasi yang bisa kita jumpai adalah tambak air yang biasanya ada di pinggiran pantai. Yang termasuk dalam hewan air payau adalah kerang, udang, ikan bandeng.

3. Hewan Air dan Darat

Hewan air dan darat adalah hewan yang bisa hidup di dua alam. Mereka bisa hidup di daratan maupun di perairan. Banyak orang beranggapan hewan yang hidup di dua alam tidak bagus dikonsumsi oleh manusia. Contoh jenis hewan yang hidup di air dan darat adalah katak, buaya, kura kura dan lain-lain.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Blogger templates