Friday, December 7, 2018

pesawat sederhana

pesawat sederhana

Hasil gambar untuk pesawat sederhana
Pengertian pesawat sederhana dan jenis-jenis pesawat sedehana

Pengertian pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan usaha. Dalam kehidupan sehari-hari kita sebenarnya sering menggunakan pesawat sedernana. Kalau kalian mau memotong kertas, kalian menggunakan gunting sehingga potongan kertas menjadi rapi. Saat kita ingin memotong kuku, kita bisa menggunakan alat pemotong kutu. Saat kita inggin mencabut paku yang menempel ditembok kalau dengan tangan bisa mungkin kita tidak akan bisa. Tapi kalau kita menggunakan alat seperti linggis ataupun tang, kita bisa mencabut paku tersebut dengan mudah.


Jenis-jenis pesawat sederhana ada empat macam, yaitu tuas, katrol, bidang miring, dan roda gigi yang selanjutnya akan saya bahas secara rinci sebagai berikut :

1. Tuas


Tuas sering dikenal dengan nama pengungkit. Sistem kerjanya terdiri dari titik tumpu, beban, dan kuasa. Berdasarkan sistem kerjanya, tuas dibagi menjadi tiga yaitu tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga.
Tuas jenis pertama


Susunan tuas jenis pertama adalah beban, titik tumpu, dan kuasa atau dibalik kuasa, titik tumpu, dan beban. Dengan kata lain titik tumpu berada di antara beban dan kuasa. Jadi yang berada di tengah adalah titik tumpunya. Perhatikan gambar berikut!





Contoh tuas jenis pertama adalah gunting, alat pemotong kuku, linggis, dan tang.


Jika titik tumpu semakin dekat dengan beban, maka gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban akan semakin kecil. Artinya semakin ringan.


Rumus tuas jenis pertama adalah





F = kuasa atau gaya yang diperlukan (newton)


lF = lengan kuasa (meter)


W = beban (newton)


lB = lengan beban (meter)


KM = Keuntungan mekanis
Tuas jenis kedua


Susunan tuas jenis kedua adalah beban berada di tengah. Atau beban diantara titik tumpu dan kuasa. Contoh tuas atau pengungkit jenis kedua adalah gerobak barang, pemecah kemiri, dan pembuka botol. Perhatikan gambar tuas jenis kedua berikut!





Rumus tuas jenis kedua



Tuas jenis ketiga


Susunan tuas jenis ketiga adalah kuasa terletak di antara titik tumpu dan kuasa. Dengan kata lain kuasa berada di tengah. Contoh tuas jenis ketiga adalah orang sedang memancing, orang sedang menyapu, orang yang sedang mengangkat barang dengan tangannya, dan orang yang sedang mengangkat barbel.


Berikut gambar tuas jenis ketiga!








Rumus tuas jenis ketiga adalah :



Bidang miring


Bidang miring adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang bentuknya miring. Contoh bidang miring adalah mata pisau yang semakin tipi, ujung pisau yang lancip, baji, mur, jalan di pegunungan yang berkelok-kelok, tangga yang berundak-undak di rumah.


Contoh gambar bidang miring:





Rumus bidang miring adalah





Keterangan =


S = panjang bidang miring atau papan (meter)


h = tinggi bidang miring dari tanah (meter)
Katrol


Katrol adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang berupa roda yang diberi tali. Contoh katrol adalah kerekan atau alat untuk mengambil air (timba).


Katrol dibagi menjadi dua yaitu katrol tetap dan katrol bergerak.
Katrol tetap


Katrol tetap berupa kerekan atau alat untuk mengambil air yang bisa kita temukan di sumur. Fungsi katrol tetap ini adalah mengubah arah gaya. Keuntungan mekanis katrol tetap adalah satu.



Katrol bergerak


Contoh katrol bergerak adalah alat yang biasa digunakan untuk mengangkat beban yang berat seperti peti kemas atau alat untuk mengangkat mesin. Katrol bergerak ini biasa dimanfaatkan dalam bidang pembangunan. Keuntungan mekanis katrol bergerak adalah dua.



Roda atau gear


Roda atau gear adalahs salah satu jenis pesawat sederhana yang berbentuk roda atau gear. Contoh roda atau gear adalah gear (gigi) pada , sepeda, sepeda motor atau mobil. Pada saat kita mengendarai sepeda motor di daerah tanjakan kita akan menggunakan gear yang kecil, misalnya gear (gigi) satu. Sedangkan pada jalan yang lurus kita menggunakan gear yang besar agar sepeda motor dapat berjalan dengan cepat.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Blogger templates