Friday, December 7, 2018

Pengelompokan hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Pengelompokan hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Hasil gambar untuk pengelompokkan berdasarkan makanan

1. Herbivora

Hewan Herbivora adalah pengelompokan dari hewan yang makanannya adalah tumbuh tumbuhan. Hewan herbivora akan memakan semua bagian dari tumbuh tumbuhan seperti akar, daun, batang dan buah. Semua makanan yang dicerna akan diolah dengan enzim pencernaan yang mampu menjadikan selulosa dari tumbuhan menjadi glukosa yang bermanfaat bagi tubuhnya. Hewan jenis herbivora ini didukung dengan bentuk mulutnya yang hanya bisa memakan makanan yang berbentuk tumbuh tumbuhan karena bentuk gerahamnya yang rapat. Contoh hewan herbivora adalah Sapi, gajah, jerapah, kambing.

2. Hewan Karnivora

Berbeda dengan hewan herbivora, hewan karnivora tidak akan bisa mengolah tumbuh tumbuhan. Yang dimakan oleh hewan karnivora adalah daging. Sebagian besar dari hewan karnivora memiliki gigi taring untuk merobek daging di mulutnya. Umumnya, hewan karnivora adalah hewan yang ditakuti dikarenakan posisinya sebagai rantai makanan adalah sebagai pemangsa. Beberapa contoh hewan karnivora adalah Singa, Serigala, macan, anjing dan sebagainya.

3. Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah hewan yang bisa memangsa segalanya. Bisa kita simpulkan hewan omnivora adalah gabungan dari hewan karnivora dan hebivora karena hewan omnivora bisa memakan daging dan tumbuhan dengan baik. Manusia termasuk dalam hewan omnivora karena manusia bisa memakan daging dan tumbuhan. Karena bisa memakan segalanya maka bentuk gigi dari hewan omnivora sedikit lebih special karena hewan dalam pengelompokan ini memiliki gigi seri, gigi geraham dan gigi taring yang lengkap. Yang termasuk dalam hewan omnivora adalah Tikus, Monyet, babi dll.

4. Hewan Insektivora

Satu lagi pengelompokan hewan bedasarkan jenis makanannya adalah hewan insektivora. Hewan insektivora adalah hewan yang hanya memakan serangga di sepanjang hidupnya. Hewan yang tergolong dalam hewan insektivora adalah hewan reptil, aves (burung) dan beberapa jenis hewan amphibi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Followers

Followers

Blogger templates